Minggu, 29 November 2015

DA Asia dan Sentimen Etnis

Sebenarnya uneg uneg lama sih. Namun cuma baru pengen nulis sekarang tentang sentimen Etnis pada kontes pemilihan artis Dangdut di salah satu stasiun suasta Nasional ini.

Sejak awal Irwan di DA 2 saya memang merasa Irwan memang tidak di prioritaskan oleh dewan juri. Ada saja komen juri dari hal-hal kecil yang selalu jadi permasalahan jika Irwan tampil. Macam macam, Bisa di cek di Youtube. Sedang untuk kontestan lain tidak begitu di permasalahkan. Entahlah itu memang signifikan kesalahan atau hanya subjekivitas mereka sebagai juri dan komentator.

Puncaknya ketika menuju 3 Besar waktu itu di mana Irwan begitu di Presure sedangkan Reza yg menurut saya di bawah kualitas Irwan selalu di Puji. Bahkan menurut saya malam itu semua potensi yang dimiliki kontestan lain sengaja di explore untuk melebihkan di atas Irwan.

Tidak hanya itu saja, Sporter Irwan yang jauh-jauh datang dari Madura juga Presure oleh tim Host. Ketika Kontestan yang lain Tampil mereka bebas berteriak kapanpun. Sedang jika Irwan yang tampil mereka selalu bilang harap tenang. Jangan jadi provokator dll. Seolah ingin menggiring opini pemirsa di rumah yang tidak mengetahui kondisi studio bahwa Suporter Irwan yang dari Madura biang Rusuh dan Provokator.

Kita sadar bahwa mungkin dalam persepsi mereka tentang orang Madura yang negatif. Padahal selama acara tersebut tak satupun orang Madura yg berbuat anarkis misalnya.

Dan malam Ini di DA Asia babak 12 besar itu terulang lagi. Komentator dari Indonesia sekali lagi menekan Irwan. Lagu lama drama yang mereka mainkan. Irwan harus di korbankan. Setidaknya itu yg saya tangkap.

Di group Irwan itu Tersisah satu kontestan Singapura. Saya faham agar rating teteo bagus maka dia harus di pertahankan. Bagaimanapun kualitasnya. Sedang Shiha yang dari Malaysia tidak mungkin juga untuk dikeluarkan karena dia kontestan terbaik dari Malaysia. Jadi satu satunya tumbal yg cukup aman untuk dikorban ya Irwan. Toh Irwan juga dari DA2 tidak begitu di harap dewan juri.

Jadi bisa di Pastikan konser besok Irwan akan tersenggol. Dia akan keluar dari DA Asia. Besok adalah penampilan terakhir di DA Asia. Tapi begitulah hidup. Hidup adalah permainan. Kitapun sadar permainan tergantung dari siapa yang memainkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar